Wanita


Hari jumat jam sepuluh pagi, suasana alam sedang senang. Semua terlihat indah, matahari bersinar cerah, bunga dan pepohonan menari ditiup angin. Terdengar dari kejahuan suara kereta kuda yang sedang membawah sepasang pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di gereja kecil dekat sungai. Pengantin peria terlihat sangat bahagia selalu tersenyum disepanjang waktu, sedangkan sang wanita hanya terdiam tanpa eksperesi.
Pintu gereja terbuka, semua undangan berdiri untuk menyambut kedua mempelai. Bunga mawar merah ditaburkan saat mempelai melintas diatas karpet merah. Sedangkan dipojok sana seorang wanita dengan rambut keriting sedang bercerita awal mempelai bertemu.
Mereka bertemu disebuah toko boneka. Saat itu sang peria sedang mengunakan setelan baju putih berlengan panjang dengan sepatu hitam yang sudah disemir dan celana kain berwarna hitam. Sedangkan si wanita memakai gaun merah, terlihat sangat cantik.
Mereka tidak sengaja berpapasan, sang peria berhenti berjalan dan mengamati si wanita. Sang peria terpesona lalu berjalan menghampiri si wanita, sang peria menyapa mengajak bicara tapi si wanita hanya diam. Sesaat kemudian seorang wanita berrambut keriting datang memperkenalakan dirinya dan si wanita. Wanita berrambut keriting dan sang peria sibuk membicarakan si wanita tapi si wanita hanya diam mengamati orang-orang berlalu-lalang dijalan.
Disela-sela cerita wanita berrambut keriting dan riuh riah para undangan terdengar suara tangis dari beberapa orang, salah satunya dari wanita tua yang duduk dikursi paling depan, dalam tangisnya dia berkata “aku ingat saat pertama dia mengajak si wanita kerumahku, aku memarahi dia disampai suarahku habis tapi sekarang dia malah memikahi wanita itu,” wanita tua meneruskan tangisannya.
Tangisan juga datang dari wanita cantik bergaun putih. Wanita cantik itu terus mengusap air matanya dengan saputangan. Dia tak sangup bicara tapi hatinya bertanya “kenpa, kenpa, kenpa” melihat kedua mempelai “kenpa aku dulu meningalkan sang peria jika aku tak menginggalkannya mungkin semua ini tidak akan terjadi”.
Disebelah wanita bergaun putih berdiri seorang peria gagah dengan dasi putihnya. Gerak geriknya sedikit berbedah, seperti sedang bercerita tapi dalam hati, mungkin sebuah kejadian memalukan.
Malam itu sangat sunyi bahkan kau bisa mendengar saat dua daun sedang bergesekan, tiba-tiba peria berdasi putih mendengar suara aneh dari sebelah rumahnya. Kemudia dia mencoba untuk melihat apa yang terjadi, dia naik ke lantai atas masuk kedalam kamarnya membuka gorden jendela dan melihat sang peria sedang menggauli si wanita. Dia terkejut, tidak percaya dengan apa yang dilihatnya, tapi dia ingin memastikan. Ternya benar, sang peria dengan rakus menciumi bibir si wanita, sedangkan si wanita hanya pasrah menerima perlakuan sang peria.
Seorang gadis penabur bunga berharap cemas dalam hatinya “si wanita cantik aku ingin mengajaknya bermain, mungkin bermain minum teh akan cocok”.
Kedua mempelai sampai didepan pendeta, siap mengucapkan janji suci. Namun masih ada saja yang mau bercerita. Sebuah kejadian yang memang patut untuk diceritakan, saat sang peria melamar si wanita.
Kali ini yang bercerita aku sebagai sahabat sang peria, saat itu malam sangat indah bulan terlihat bundar sempurnah dan bintang bertaburan seperti gula yang jatuh dari wadahnya. Si wanita sedang duduk sendiri diatas kursi taman melihat air mancur didepannya, lalu sang peria datang dari utara memakai jas hitam dan membawah setangkai bunga mawar. Mereka berbincang cukup lama, tiba-tiba semua lampu taman mati tapi ada kilauan cahaya lain disebrang air mancur. Cahaya itu sepertinya membentuk beberapa huruf, belum bisa dilihat karena tertutup oleh air dari air mancur. Berlahan air mancur mulai berhenti, dan terlihat sebuah kalimat. MARRIED ME.
Dan sekarang mereka akan menikah. Sang peria melihat sekeliling untuk mengetahui siapa saja yang datang. Dia melihat dipojok sana ada seorang penjaga toko boneka dengan rambut keritingnya, dalam hati sang peria berkata “terimakasi telah mengenalakan aku dengan istriku”.
Lalu pandangannya tertuju pada ibunya yang sedari tadi menengis dimeja peling depan, sang peria berkata dengan suara paling pelan dari seorang manusia “maaf bu ini pilihanku”.
Sang peria tercengang melihat seorang wanita bergaun putih begitu cantik tapi wanita indah itu berdiri disampiang seorang peria berdasi putih berperawakan tinggi besar, mereka berdua sangat serasi. Sang peria menganggukkan kepala memberi hormat untuk peria berdasi putih dan tersenyum kepada wanita bergaun putih.
Sekarang sang peria melihatku dengan senyman seorang sahabat aku membalas sanyumannya. Dalam senyumnya seakan dia mengucapakan terimakasi, entah terimakasi untuk apa. Aku adalah orang yang paling menentang hubungan mereka, ribuan kali aku bertanya kenpa dan mengapa tapi dia hanya tersenyum.
Tiba-tiba senyum yang tadinya terarah padaku hilang, ada sebuah suara penghenti reaksi kebahagian sesaat ini. Suara dari seorang peria berkumis tebal, berbadan kekear, dan mempunyai tatapan kebencian dari kedua lubang matanya. Suara itu diucapakan cukup pelan sampai aku yang dibelakang bisa mendengarkan. Suara dari kakak sang peria “kau menikahi sebuah boneka?”.[]